Syukuran Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Jajaran Lapas Lembata

Sabtu, 27 April 2024 11:01 Mandiri SP. Maoe Law Dibaca 104x
Syukuran Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Jajaran Lapas Lembata
Humas Lapas Lembata
SHARE THIS:

Tanggal 27 April salah satu momen penting Pemasyarakatan yang tercatat dalam sejarah Indonesia, momen dimana konferensi jawatan kepenjaraan berupaya meruntuhkan berabad-abad pengaruh sistem kepenjaraan dan kemudian ditransformasikan menjadi sistem Pemasyarakatan.

 

Pada Konferensi Lembang tahun 1964, Presiden Ir. Soekarno berpesan bahwa Pemasyarakatan adalah tools nation building dan character building yang mana bahwa makna sistem Pemasyarakatan dituntut untuk mampu membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik. Sistem Pemasyarakatan adalah sebuah perubahan rasionalitas kepenjaraan yang sebelumnya hanya ditujukan untuk mengurung menjadi tempat yang bertujuan untuk mereformasi pelanggar hukum.

 

Hari ini tepatnya 27 April 2024, seluruh jajaran Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI tak terkecuali Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 secara serentak, Upacar yang digelar di Halaman Upacara Lapas Lembata dipimpin langsung oleh Kepala Lapas, H. N. Maikameng.

 

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 juga dilanjutkan dengan pelaksanaan syukuran yang ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Kalapas Lembata yang kemudian diserahkan kepada para pejabat struktural dan perwakilan pegawai tertua dan termudah di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lembata.


Kalapas dalam amanat yang disampaikan, bahwa pelaksanaan syukuran hari ini merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas kehendaknya saja Pemasyarakatan masih tetap ada dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia.


syukur ini merupakan bentuk ibadah dan kesadaran akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dan juga merupakan kunci kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup, Kita patut bersyukur, karena atas izin-Nya saja, hari ini kita jajaran Pemasyarakatan masih tetap eksis mengabdi bagi bangsa dan negara” ucapnya.

 

Acara syukuran juga dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan yang telah berlangsung beberapa hari sebelumnya, perlombaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60

 

Untuk diketahui, perlombaan yang dilaksanakan meliputi lomba bola voli, Lomba Catur dan lomba olah vokal, keseluruhan perlombaan melibatkan para Warga binaan Pemasyarakatan Kelas III Lembata.