Berhasil manfaatkan lahan tidur, Lapas Lembata panen jagung hasil pertanian warga binaan

Jumat, 01 Maret 2024 13:45 Mandiri SP. Maoe Law Dibaca 4177x
Berhasil manfaatkan lahan tidur, Lapas Lembata panen jagung hasil pertanian warga binaan
Humas Lapas Lembata
SHARE THIS:

Lembaran baru di bulan Maret di buka dengan sukacita Petugas dan Warga Binaan yang ada di Lapas Lembata, di bawah pimpinan Kepala Lapas (Kalapas) Hariyadi N. Maikameng, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Lembata panen perdana jagung yang berada di Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Lembata hari ini, Jumat (01/03).


Dengan luas lahan kurang lebig 1 Hektar, program rehabilitasi produktif telah diimplementasikan dengan melibatkan narapidana dalam kegiatan berkebun dan aktif terlibat dalam setiap tahapan pertanian, mulai dari persiapan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman, hingga panen jagung.


Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada narapidana untuk belajar keterampilan baru, memperoleh pengalaman yang bermanfaat, dan mempersiapkan diri untuk reintegrasi ke masyarakat setelah masa pembinaan mereka berakhir.


Kalapas Hariyadi menjelaskan, Rehabilitasi produktif adalah salah satu pendekatan yang efektif dalam membantu narapidana mempersiapkan diri mereka untuk kehidupan di luar lapas.

“Dengan melibatkan mereka dalam kegiatan berkebun dan panen jagung, kami berharap dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu mereka dalam mencari pekerjaan atau memulai usaha mandiri setelah pembebasan".  Ungkap Hariyadi.


Beliau menambahkan, Program ini merupakan wujud keberhasilan dari kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata yang telah menyediakan pendamping maupun sarana prasarana yang dibutuhkan dalam mendukung program pembinaan ini.


Lanjutnya beliau menekankan bahwa pekerjaan hari ini  merupakn wujud dari komitmen jajaran Petugas Lapas Lembata dalam membangun karakter dan kualitas warga binaan kearah yang lebih produktif.

“Dibawah naungan Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur pimpinan Kakanwil, Marciana D. Jone, kami Lapas Lembata berkomitmen untuk membentuk karakter dan kualitas warga binaan kami kearah yang lebih baik dan lebih produktif bukan hanya bagi diri mereka tetapi juga untuk orang-orang disekitar mereka” Hariyadi.